Kamis, 12 Mei 2011

Ciri-ciri Anak yang Memiliki Kelebihan Khusus

jika kita memiliki anak yang mempunyai kelebihan khusus dan berbeda dengan anak lain tentunya adalah sebuah keunikan tersendiri. Dengan keunikan tersebut sang anak bisa melakukan sejumlah hal yang tidak bisa dilakukan orang lain. Golongan anak yang mempunyai kelebihan khusus ini umumnya biasa disebut sebagai anak indigo

seperti yang saya kutip di okezone.com Istilah indigo ini menunjukkan warna aura dalam warna kehidupan mereka. Indigo sendiri juga terkait dengan indera keenam yang terletak pada cakra mata ketiga yang menggambarkan intuisi dan kekuatan batin yang luar biasa tajam yang melebihi kemampuan orang kebanyakan. Kebanyakan dari mereka memiliki kelebihan dengan bakat yang luar biasa atau secara akademik mempunyai prestasi. Anak indigo juga mampu menunjukkan empati yang sangat dalam dan mudah merasa iba serta tampak bijaksana untuk anak seusianya. Anak indigo yang lahir di dunia ini juga mempunyai pelbagai misi. Kebanyakan dari mereka merupakan pengkritik suatu rencana yang salah. Mereka bertugas meluruskan ketidakbenaran dan ketidaksamaan yang ada di sekelilingnya.

Hal ini ditunjukkan dengan perilaku mereka yang tidak patuh dan kesulitan dalam menjalankan dengan sistem yang ada, misalnya saja penolakan dan sikap kaku terhadap sistem pendidikan yang ada. Anak indigo juga sering menunjukkan perilaku memberontak terhadap suatu pemerintahan, tidak patuh terhadap aturan atau adat, kesulitan dalam mengelola emosinya dan sangat peka. Tidak jarang pula anak indigo menunjukkan sikap yang sangat dingin dan tidak mempunyai perasaan. Terkadang beberapa orang akan mencap anak dengan indikasi gangguan ADD (attention deficit disorder). Bentuk perilaku tersebut kadang-kadang menyebabkan kesulitan bagi anak-anak ini dalam melewati masa anak-anak, bahkan dalam melewati masa remaja (Chapman, 2006)

Anak indigo juga kreatif dalam berpikir dengan menggunakan otak kanan namun tetap harus berusaha belajar dengan menggunakan otak kiri terutama pada sistem di sekolah. Mereka sering didiagnosis mengalami ADD ataupun ADHD saat mereka menunjukkan perilaku impulsif (otak mereka memproses informasi lebih cepat) dan mereka harus tetap bergerak agar selalu fokus. Anak indigo sangat peka dan dapat melihat, mendengar atau mengetahui sesuatu hal yang tidak dimiliki orang-orang kebanyakan. Mereka belajar secara visual dan kinestetik, mereka boleh mengingat apa yang terekam dalam otaknya dan menciptakannya dengan tangannya sendiri.

Apabila keinginan anak tidak terpenuhi, maka si anak merasa kesulitan dan menjadi self centered. Walaupun hal ini bukanlah sifat sebenarnya. Anak indigo mempunyai potensi dan bakat yang luar biasa, namun dapat hilang begitu saja, jika tidak sesuai dengan bentuk perawatannya.

Menjadi indigo tidaklah mudah, tapi hal itu merupakan suatu tugas yang harus dijalankan. Anak indigo merupakan salah satu orang yang hadir dan membawa hal yang baru terhadap suatu kemajuan di bumi ini. Anak indigo mempunyai ciri khusus seperti memiliki keinginan yang kuat, berdedikasi dengan melakukan apa yang ada di pikirannya daripada mematuhi kehendak orang tua. Selain itu, dia bijaksana dan mempunyai tahap kesadaran dan kebersamaan yang melebihi pengalamannya. Sedangkan secara emosi, mereka boleh dengan mudahnya bereaksi sehingga tidak jarang memiliki permasalahan dengan kecemasan, depresi atau bahkan stres.(okezone.com)

0 komentar: